Jumat, 05 Februari 2010





Printer merupakan komponen output yang digolongkan sebagai Hard Copy Device. Yaitu merupakan alat yang digunakan untuk mencetak keluaran dari proses yang dilakukan oleh komputer baik tulisan maupun grafik secara langsung dengan menggunakan media kertas ataupun yang lainnya.




Jenis-Jenis printer

1.Printer Dot Matrik

merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakannya.

Printer dot matriks

Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal ‘bandel’ (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.



2.Ink Jet menggunakan tinta

InkJet Printer

Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.

3.laser jet menggunakan serbuk laser.

Laser Printer

Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.

Sedangkan jenis konektor printer ada dua macam yaitu melalui konektor Paralel Port dan USB Port.
Instalasi Printer
Langkah – langkah instalasi printer :

* Tancapkan kabel printer pada printer dan konektor parallel port male/konektor USB port pada komputer dengan benar.
* Pastikan catridge printer sudah terpasang dengan benar.
* Hubungkan printer ke jala-jalla listrik
* Dan pastikan ada ativitas dalam printer tersebut (catrigde bergerak).
* Sampai langkah ini instalasi peripheral secar fisik sudah selesai
* Selanjutnya tinggal instalasi untuk software yaitu pemasangan driver.

Note: Pada instalasi driver, biasanya pada sistem operasi Windows XP akan secara otomatis menjalankan file instalasi driver tersebut.

Langkah-langkah install printer.

* Masukan CD Driver printer sesuai jenis printer.
* Setelah CD dimasukan, Windows akan secara otomatis menjalankan file eksekusi dan akan muncul kotak dialog
* Setelah itu tekan tombol Next, untuk konfirmasi bahwa Anda akan menginstall driver tersebut. Dan setelah itu akan muncul kotak dialog
* Klik tombol Start, untuk memulai proses instalasi dengan memilih option Printer Driver.
* Setelah proses peng-copy-an file selesai, akan muncul kotak dialog
* Untuk selanjutnya tekan tombol Manual Selection untuk memilih port yang akan digunakan. Dan setelah itu akan muncul kotak dialog
* Setelah pemilihan port selesai, tekan tombol Next dan proses instalasi akan selesai dan printer siap digunakan.

CARA KERJA PRINTER

1. Jenis Dot Matrix

Dot Matrix mengacu pada cara printer menciptakan karakter atau gambaran di atas kertas. Ini dilaksanakan oleh beberapa jarum/pin kecil, yang dibariskan dalam suatu kolom, membentur suatu pita tinta memposisikan antara pin dan kertas, menciptakan titik pada kertas itu. Karakter disusun atas pola itik dengan menggerakkan printhead secara menyamping ke seberang halaman dalam kenaikan yang sangat kecil.
Pin/jarum, terdapat di printhead tersebut, dengan panjang sekitar satu inci dan dikemudikan oleh beberapa pendorong memaksa masing-masing pin menitik/menjepit pita tinta dan menutupi kertas pada suatu waktu tertentu. Kekuatan pada pendorong ini datang dari tarikan yang magnetis dari gelang kawat kecil ( solenoid ) yang diberi tenaga pada situasi tertentu, tergantung pada karakter yang akan dicetak. Pemilihan waktu isyarat mengirim kepada solenoid diprogramkan ke dalam printer untuk masing-masing karakter, dan menterjemahkan dari informasi yang dikirim oleh computer karakter yang mana untuk dicetak.

Keuntungan yang utama printer dot matrix adalah serbaguna, yang mampu mencetak surat dalam huruf miring atau tebal dengan hanya mengubah cara menitik yang diatur diatas kertas. Apalagi, printer dot matrix relative murah dibnadingkan dengan yang lain seperti printer laser. Akhirnya, Printer dot matrix digunakan ketika kertas digunakan untuk format cetakan tembusan, dan lain lain. Proprinter mempunyai sembilan jarum/pin.






2. Jenis inkjet

Dimanapun juga kamu membaca artikel ini, dapat dipastikan kamu mempunyai seperangkat printer didekatmu. Dan kemungkinan besar itu adalah printer inkjet. Sejak mereka diperkenalkan pada pertengahan tahun 1980, inkjet tumbuh menjadi populer dan penampilan dapat ditunjang dari segi keuangan.

Sebuah tinta warna printer inkjet yang murah dibuat oleh Hewlett Packard
Suatu printer inkjet adalah beberapa printer yang menempatkan tetesan kecil tinta untuk membuat gambar pada kertas. Jika kamu pernah memperhatikan secarik kertas keluar dari printer inkjet, kamu mengetahui bahwa:
• Titiknya sangat kecil ( pada umumnya antara 50 dan 60 mikron dalam garis tengah), sangat kecil bahwa mereka lebih kecil dibanding garis tengah suatu rambut manusia ( 70 mikron)!
• Titik diposisikan dengan tepat, dengan resolusi di atas 1440x720 titik per inci (dpi).
• Titik dapat mempunyai warna berbeda mengkombinasikan bersama-sama untuk menciptakan gambaran dengan kualitas photo.
Dalam edisi Howstuffworks ini, kamu akan belajar tentang berbagai bagian-bagian dari suatu printer inkjet dan bagaimana bagian ini bekerja sama untuk menciptakan suatu gambaran. Kamu juga belajar tentang cartridge tinta dan kertas yang khusus beberapa inkjet penggunaan pencetak.
Pertama, mari kita mengamati dengan cepat di berbagai teknologi pencetak.

Di Dalam Suatu Printer Inkjet

Bagian dari suatu printer inkjet khas meliputi:
• Perakitan Print head
• Print head - Inti dari suatu Printer inkjet, kepala cetakan berisi satu rangkaian alat pemercik yang digunakan untuk tetesan percikan tinta.

Pemasangan Head Pada Printer

• Magasin Tinta – tergantung dari pabrik dan model printer, magasin tinta datang dalam berbagai kombinasi, seperti yang hitam terpisah dan mewarnai magasin, warna dan hitam magasin tunggal atau bahkan suatu magasin untuk masing-masing tinta yang mewarnai. Beberapa Magasin Printer inkjet meliputi kepala cetakan sendiri.

• Print Head stepper motor - Suatu stepper motor memindahkan satu set printhead ( printhead dan magasin tinta) mondar-mandir ke seberang kertas. Beberapa printer mempunyai stepper motor lain untuk meletakkan satu set print head ketika printer tidak digunakan. Meletakkan berarti satu set print head dihindarkan dari gerakan yang tidak diinginkan seperti suatu rem tangan pada pada mobil.

TROUBLESHOTTING PRINTER
1. Jenis Dot Matrix

Langkah2 Troubleshooting printer dot matrix

Skenarionya, sebuah pc terhubung dengan sebuah printer dot matrix, melalui port lpt1. Tetapi pada saat digunakan tidak berjalan, padahal sebelumnya berjalan dengan baik alias tidak bisa nge-print. bagaimana langkah-langkah untuk menyelesaikannya ?

1. Pastikan printer menyala/ on, dan tidak ada indikator error atau pause.

2. Pastikan kabel terhubung dengan baik.

3. Coba ketikan perintah dir > prn atau dir > lpt1

4. Apabila masih tidak bisa, maka coba lihat di menu Control Panel > Printer lalu klik kanan icon printer yang dimaksud, pada menu yang muncul apakah pilihan pause printing terdapat tanda centang/ cecklist, jika ia hilangkan, dan coba langkah no 3

5. Jika tidak bisa juga maka coba pada langkah no 4, icon printer diklik ganda, dan lihat apakah terjadi spooling atau tidak , jika ya, maka hapus dengan menggunakan tombol delete. Setelah spooling hilang, coba lagi langkah ke 3.

6. Jika belum bisa, coba matikan printer, tekan tombol pause, tahan, komputer dinyalakan lagi, setelah printer nyala baru tombol pause dilepaskan. maka printer akan melakukan self test.

7. Jika masih belum bisa juga maka restart PC, dan masuk ke BIOS menu, dan pastikan option Pararel Port tersetting dengan benar. Kembali ke windows, dan coba dengan langkah ke 3.

8. Jika masih belum bisa ngeprint, coba masuk dos mode, ketikan perintah net use diikuti dengan enter. Jika terdapat lpt1 di route maka nonaktifkan dengan perintah net use lpt1 /delete diikuti dengan enter. lakukan langkah ke-3.

2. Jenis Inkjet

Trouble Shooting pada Inkjet Printer
Di sini akan di bahas, bagaimana mengatasi masalah yang sering terjadi pada inkjet printer.
Trouble shooting disini akan di bahas juga lebih mendetail secara tehnis.

EPSON PRINTER

* Printer epson R210 dan R230 menarik kertas tidak sempurna/ gagal melakukan loading
* Hasil cetak pada printer epson C41, C43, C45 ( C Series ) kotor/ streak out/ ada tambahan garis pada waktu melakukan pencetakan
* Printer Epson Maintenance Error / Blinking/ Lampu Power+Resume/ Tinta + Paper Nyala Bergantian

HP PRINTER

* Me-reset full ink indikator pada HP Catridge yang telah di isi ulang [ HP 21, 22, 27, 28, 56, 57, 58 ]
* Printer HP Deskjet 3600 & 3700 Series Catridge Head Bergerak Kekanan Secara Keras/ Hasil Cetakan Macet Ditengah Proses Pencetakan Berlangsung

CANON PRINTER

* Printer canon IP 1200, 1300 , 1600, 1700, 2200 blinking setelah catridge di isi ulang
* Printer canon IP 1000, IP 1500, I 255, I 320 dan Pixma Series menarik kertas tidak sempurna/miring
*Printer canon Maintenance Error / Blinking/ Lampu Power+Resume/ Tinta + Paper Nyala Bergantian





Printer epson R210 dan R230 menarik kertas tidak sempurna/ gagal melakukan loading

SOLUSI :
Hal ini terjadi karena karet pick up roll sdh licin/ menipis coba bersihkan karet abu 2x/ pick up roll dgn duraklin/ lapisi selotip pd bagian plastik pick up lalu pasang kembali karet pick up rolnya sehingga karet menjadi lebih tebal.


Hasil cetak pada printer epson C41, C43, C45 ( C Series ) kotor/ streak out/ ada tambahan garis pada waktu melakukan pencetakan

SOLUSI :
Suntikkan Duraklin pada capping unit/ karet/ busa penyedot tinta sebanyak 2 - 4 ml hingga capping unit bersih dari kerak tinta, hal ini penyebab terjadinya streak out printing


Printer Epson Maintenance Error / Blinking/ Lampu Power+Resume/ Tinta + Paper Nyala Bergantian

SOLUSI :
Hal ini diakibatkan oleh waste ink pad counter sdh penuh / full sehingga printer berhenti bekerja, lakukan proses reset waste ink counter melalui software khusus seperti general tool/ ssclg/ adjustment program.


Me-reset full ink indikator pada HP Catridge yang telah di isi ulang [ HP 21, 22, 27, 28, 56, 57, 58]

SOLUSI :
Ada 2 tehnik yang dapat di lakukan disini.

Tehnik pertama :

1. Siapkan 2 kertas pada printer, Lepas Catridge, lalu pasang stiker/ selotip pada kontak 1, pasangkan hp catridge pada printer unit dan biarkan printer mencetak aligment page.

2. Lepaskan catridge dan pasang stiker/ selotip pada kontak 2 lalu pasang kembali catridge pada printer, biarkan printer mencetak aligment page sekali lagi

3. Lepaskan kedua selotip yg terpasang pada kontak 1 & 2 dan pasang kembali catridge pada printer, setelah proses ini seharusnya indikator tinta sdh penuh kembali !



Tehnik kedua :

Apabila Tehnik pertama gagal, maka lakukan tehnik yang ke dua.
Tehnik ke dua, hampir sama dengan tehnik pertama, hanya berbeda pada letak pemasangan selotip.


1. Siapkan 2 kertas pada printer, Lepas Catridge, lalu pasang stiker/ selotip pada kontak 1, pasangkan hp catridge pada printer unit dan biarkan printer mencetak aligment page.

2. Lepaskan catridge dan pasang stiker/ selotip pada kontak 2 lalu pasang kembali catridge pada printer, biarkan printer mencetak aligment page sekali lagi

3. Lepaskan catridge dan pasang stiker/ selotip pada kontak 3 lalu pasang kembali catridge pada printer, biarkan printer mencetak aligment page sekali lagi

4. Lepaskan ketiga selotip yg terpasang pada semua kontak , pasang kembali catridge pada printer, setelah proses ini seharusnya indikator tinta sdh penuh kembali !


Printer HP Deskjet 3600 & 3700 Series Catridge Head Bergerak Kekanan Secara Keras/ Hasil Cetakan Macet Ditengah Proses Pencetakan Berlangsung

SOLUSI :
hal ini terjadi karena bar encoder strip cacat/kotor coba bersihkan dengan kain bersih yang sudah diteteskan duraklin untuk menghilangkan bekas tinta diplastik encoder strip tersebut.


Printer canon IP 1200, 1300 , 1600, 1700, 2200 blinking setelah catridge di isi ulang
SOLUSI :
Tekan dan tahan tombol resume 10 detik lalu klik ok pada warning / peringatan indikator di monitor komputer


Printer canon IP 1000, IP 1500, I 255, I 320 dan Pixma Series menarik kertas tidak sempurna/miring
SOLUSI:
Hal ini biasa terjadi karena adanya kotoran/ benda asing pada bagian paper guide roll/ pick up roll unit, bersihkan kotoran tsb hingga kertas menarik dgn sempurna


Printer canon Maintenance Error / Blinking/ Lampu Power+Resume/ Tinta + Paper Nyala Bergantian
SOLUSI :
Hal ini diakibatkan oleh waste ink pad counter sdh penuh / full sehingga printer berhenti bekerja,lakukan proses reset waste ink counter melalui software khusus seperti general tool/ adjustment program.
Categories:

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar tentang artikel ini....

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!