Rabu, 09 Juni 2010

Cara merawat komputer

Komputer sekarang telah menjadi bagian dari kehidupan kita dan menggunakan computer merupakan suatu hal yang wajib bagi setiap orang yang hidup di jaman yang serba digital ini, ketika seseorang enggan menggunakan komputer di jaman ini sekarang maka saya boleh menyebut seseorang tersebut sebagai orang primitif. Perawatan komputer disini sangat penting, jadi ketika komputer kita dirawat dengan baik dan penggunaanya sesuai prosedur yang benar performa atau kinerja komputer tersebut akan lebih baik . Dalam kaitanya menggunakan komputer kita pasti ingin komputer tersebut tidak terjadi masalah atau hang yang dapat mengganggu produktivitas kita dalam bekerja dengan komputer. Langsung saja dalam blog saya akan menulis sedikit informasi yang saya kumpulkan dari berbagai sumber tentang merawat sebuah komputer.

monthly-computer-maintenance-support



Sebab-sebab komputer mengalami masalah:

1. Karena program jahat atau virus, spyware dan kawan2.
2. Karena software yang tidak berjalan sesuai rencana.
3. Karena hardware yang memang minim perawatan.

Terus bagaimana cara mengatasi masalah tersebut:

- Pencegahaan virus, spyware dan kawan2 bisa dilakukan dengan cara memasang/install software keamanan/antivirus yang terbaru usahan selalu update karena virus tiap waktu selalu bekembang, tidak perlu kawatir sekarang banyak sekali software keamanan berbayar maupun yang free buatan lokal maupun import untuk yang free kita bisa gunakan smadav, pcmav, avira, avg ,dll. Usahakan jangan pasang software sembarang yang kita belum tahu developernya alih2 mendapat membuat komputer kita jadi powerful malah kena virus. Jika komputer kita terkoneksi ke internet jangan buka link sembarang dari orang yang betul2 boleh jadi link tersebut berupa virus yang di arahkan ke komputer kita dan jika sering ngcek email harap berhati2 dengan lampiran/attachment dengan ekstensi yang bisa di eksekusi oleh system misal .exe .bat.

- Untuk masalah software yang tidak berjalan sesuai rencana boleh jadi software tersebut rusak atau kehilangan sebagian data. Kita bisa melakukan berbagai cara seperti menggunakan software utiliti untuk memperbaiki system yang berhubungan dengan kerusakan software seperti Tune up utility, TweakNow powerpack, glary utilities software tersebut bekerja dengan memeriksa bagian rusak pada system seperti registry . Dan jangan lupa selalu update dengan software yang terbaru. Software rusak terjadi karena mungkin proses pemasangan yang tidak sempurna atau software tidak cocok dengan system kita bahkan munkin ter-infeksi virus. Selain itu agar komputer kita mempunyai kinerja yang baik usahakan kita menginstal software yang sesuai dengan spesifikasi yang telah di tentukan , misal jika Ram kita 128mb terus kita menginstal software yang spesifikasinya min harus 256mb hal tersebut akan menimbulkan hang pada komputer kita atau software tidak tereksekusi dengan baik. Usahakan buang/un-install software yang tidak kamu perlukan minimal kita irit penggunaan hardisk lah dan system registry tidak penuh dengan registry yang tidak berguna.

- Hardware merupakan perangkat penting dalam melakukan i/o ataupun proses(vital). Jadi tak pelak ketika salah satu komponen hardware kita rusak seperti perangkat2 vital seperti hardisk, ram, apalagi processor kita sangat sulit memperbaikinya tidak seperti software yang rusak ada banyak cara untuk memperbaikinya atau mungkin install ulang udah beres. Maka untuk mencegah kerusakan hardware di perlukan perawatan secara berkala dan kebijaksanaan pemakaian.

Agar hardware kita tetap ber-kinerja baik hal yang bisa kita lakukan:

1. Usahakan komputer jangan sampai kena Air, seperti monitor keyboard sangat rawan terkena air.
2. Bersihkan debu dalam komputer kita, biasanya debu bersarang di dalam CPU kita yang sarat dengan perangkat inti.
3. Jika tegangan rumah anda naik turun kita bisa gunakan UPS. Ketika proses di jalankan tiba2 komputer mati maka akan menyebabkan rusaknya hardisk, power supply. Hal yang rentan ketika listrik mati tiba2 adalah hardisk, biasanya akan menmbulkan bad sector dan berkurangnya kapasitas hardisk.
4. Ketika komputer kita tidak di gunakan jangan lupa untuk menutup komputer dengan pelindung seperti keyboard, monitor, CPU agar tidak terkena debu.
Categories:

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar tentang artikel ini....

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!